8 Cara Merawat Exsport Bag agar Awet Dipakai

Cara Merawat Exsport Bag agar Awet Dipakai

Tas Exsport adalah tas multifungsi yang bisa Anda pakai untuk traveling, maupun dibawa anak-anak ke sekolah. Tas Exsport memiliki model yang menarik dan bisa dipakai bertahun-tahun, sehingga makin banyak penggemarnya. Anda bisa memilih tas mana yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Berikut ini cara merawat Exsport bag agar lebih awet dipakai.

  1. Keluarkan Isinya

Saat akan mencuci tas, keluarkan semua isinya terlebih dahulu. Anda juga bisa memeriksa kantong samping tas, apakah ada pensil yang terselip? Jika Anda selalu mengeluarkan isi tas, maka benda-benda di dalamnya akan selalu aman. Bayangkan jika di dalam tas ada kalkulator atau handphone? Jika tidak sengaja tercuci, maka Anda bisa menyesalinya.

  1. Cuci Seminggu Sekali

Tas ransel atau selempang yang dipakai setiap hari akan sering terkena debu atau tidak sengaja terkena tumpahan minuman. Cucilah tas seminggu sekali, agar tetap bersih dan tidak terlihat kusam. Jika tas terkena cipratan jus atau teh, segera keluarkan isinya lalu cuci. Anda ingin menunda mencuci karena kelelahan? Tas itu akan bisa berjamur dan berbau tidak sedap.

  1. Cuci dengan Air Hangat

Untuk meluruhkan kotoran pada tas, cucilah dengan air hangat-hangat kuku.  Tuang air hangat pada ember, lalu beri sabun cuci secukupnya. Aduk rata, baru masukkan tas dan cuci perlahan dengan menggunakan sikat cucian. Anda tidak boleh memakai air panas, karena bisa merusak tekstur pada bahan tas.

  1. Jangan Masukkan ke Mesin Cuci

Anda merasa sangat lelah lalu memasukkan tas kotor begitu saja ke mesin cuci? Jangan pernah lakukan hal ini. Tas akan diputar keras-keras, dan kainnya bisa sobek. Pemutaran tas pada mesin cuci juga bisa menyebabkan resletingnya rusak. Lebih baik cuci secara manual, demi keawetan tas milik Anda.

  1. Jangan Terlalu Keras saat Memeras Tas

Proses selanjutnya setelah pencucian adalah pemerasan. Memeras tas berbeda dengan memeras baju, Anda tidak boleh meremasnya kuat-kuat. Peraslah tas dengan perlahan agar air bilasan luruh. Jangan masukkan tas di dalam mesin pengering pada mesin cuci (spinner) karena tas akan lekas rusak dan berlubang.

  1. Jemur dengan Cara Dibalik

Anda ingin Exsport bag lebih awet warnanya? Jangan jemur tas begitu saja setelah dicuci. Anda bisa membalik tas lalu menjemurnya, tujuannya agar warna tas lebih awet dan tidak mudah pudar. Lebih baik Anda sedikit lebih repot karena harus membalik tas setelah diperas, daripada tas kesayangan Anda cepat pudar warnanya.

  1. Jemur dengan Cara Diangin-anginkan

Menjemur pakaian di bawah sinar matahari memang membuatnya cepat kering, tapi jangan jemur tas dengan cara yang sama. Jika tas selalu dijemur di bawah teriknya matahari, maka warna tas akan berubah dan jadi kusam. Cara menjemurnya yang benar adalah dengan diangin-anginkan di tempat jemuran yang teduh. Biarkan tas kering dengan sendirinya.

  1. Simpan dengan Posisi Tegak

Exsport bag harus disimpan dalam posisi tegak, agar bentuknya tetap bagus. Anda jangan menumpuknya begitu saja di atas meja, karena tas bisa cepat rusak tertindih buku-buku. Simpanlah tas di dalam lemari khusus tas. Jika Anda tidak punya tempat kosong di lemari, gantung saja tas Exsport di tiang khusus untuk menggantung tas.

Merawat tas Exsport membutuhkan kesabaran. Anda tentu tak ingin tas cepat rusak, bau, dan berjamur karena lalai dan lupa mencucinya. Tas bisa dicuci dan dikeringkan dengan hati-hati agar terjaga kebersihannya. Saat menyimpan, jangan sembarang melemparnya ke dalam lemari atau menumpuknya dengan pakaian atau buku yang berat.

Tas yang terawat akan membuat Anda lebih hemat, karena bisa dipakai selama bertahun-tahun. Apa Anda ingin membeli Exsport bag baru untuk menambah koleksi tas? Dapatkan tas bermerek kesayangan Anda hanya di Blibli. Blibli adalah marketplace terbesar dan terpercaya, harganya juga dijamin paling murah.